Rabu, 05 November 2008

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESEHATAN

Topik : diare
Sub topik: perawatan diare pada anak usia toddler
Tujuan :
1) Tujuan Umum:
Setelah di lakukan tindakan keperawatan pendidikan kesehatan selama 1x 30 menit di harapkan keluarga dapat merawat pasien diare.
2) Tujuan Khusus : Setelah dilakukan pendidikan kesehatan perawatan anak dengan diare 1x 30 menit keluarga mampu:
a. Menyebutkan kembali tentang pengertian diare pada anak
b. Menyebutkan kembali penyebab diare pada anak
c. Menjelaskan kembali klasifikasi diare pada anak
d. Menyebutkan kembali gejala diare pada anak
e. Menyebutkan kembali pencegahan diare pada anak
f. Mendemonstrasikan kembali cara pembuatan larutan gula garam dan oralit
g. Termotivasi untuk merawat anggota keluarga dengan diare
Sasaran : keluarga An.H (ayah dan ibu, nenek)
Metode : ceramah, tanya jawab, demonstrasi
Media : Lembar balik, leafleat, alat pembuatan LGG (Gelas 2, gula, garam, air matang, sendok teh, sendok makan)
Waktu : 1x 30 menit
Tempat : Ruang D3 Melati RSUD KAB KEBUMEN
Strategi Pelaksanaan
JAM/WAKTU TAHAP RESPON
5 menit Orientasi
• Memberi salam
• mengingatkan kontrak
• menjelaskan maksud dan tujuan
• menenyakan kesediaan
• Apersepsi
20 menit Kerja
• menjelaskan pengertian diare
• menjelaskan penyebab diare
• menjelaskan tanda diare
• menjelaskan klasifikasi diare
• mencelaskan pencegahan diare
• mendemonstrasikan pembuatan LGG
5 menit Terminasi
• melakukan evaluasi
• memberikan reward
• memberi salam penutup
Pelaksana : Perawat sita
Materi : terlampir
Evaluasi :
1) Evaluasi persiapan
a. Materi sudah siap dan dipelajari 3 hari sebelum penkes
b. Media sudah siap 2 hari sebelum penkes
c. Undangan untuk Peserta didik sudah disampaikan 3 hari sebelum penkes
d. Tempat sudah siap 2 jam sebelum penkes
e. SAP sudah siap 2 hari sebelum penkes
2) Evaluasi proses
a. 75 % peserta didik datang tepat waktu
b. Peserta didik memperhatikan penjelasan perawat
c. Peserta didik aktif bertanya atau memberikan pendapat Media dapat digunakan secara efektif
3) Evaluasi Hasil
a. Sebutkan kembali tentang pengertian diare pada anak
b. Sebutkan kembali penyebab diare pada anak
c. Sebutkan kembali tentang klasifikasi diare pada anak
d. Sebutkan kembali gejala diare pada anak
e. Sebutkan kembali pencegahan diare pada anak
f. Demonstrasikan kembali cara pembuatan larutan gula garam dan oralit
g. Apakah peserta didik termotivasi untuk melakukan perawatan pada anak diare sesuai yang sudah diajarkan.



Materi
Asuhan Keperawatan Diare Pada Klien Bayi dan Anak

A. Definisi
• Hipokrates
– Diare sebagai BA yang tidak normal dan cair
• Bag Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM
– Buang air besar yang tidak normal atau bentuk tinja yang encer dengan frekuensi lebih dari biasanya
• Neonatus, diartikan diare bila frekuensi buang air besar sudah lebih dari 4 kali
• Bayi, diartikan diare bila frekuensi lebih dari 3 kali
( Ilmu Kesehatan Anak FKUI )
B. Etiologi
1. Faktor infeksi
• Infeksi enteral; infeksi saluran pencernaan yang merupakan penyebab utama diare pada anak
Meliputi :
- Infeksi bakteri ( E.Coli,Vibrio,Salmonella, dll )
- Infeksi virus ( Entrovirus, Adenovirus, Rotavirus dll)
- Infeksi parasit ( Cacing, protozoa, jamur dll )
• Infeksi parenteral;infeksi bag tubuh lain diluar pencernaan (OMA, tonsilofaringitis dll )
2. Faktor malabsorbsi
Hiperperistaltik akan mengakibatkan berkurangnya kesempatan usus untuk menyerap makanan, shg timbul diare.
3. Faktor makanan
• Faktor makanan; makanan yang beracun, alergi terhadap makanan
4. Faktor psikologis
• Faktor psikologis; rasa takut dan cemas, walaupun jarang dapat menimbulkan diare trutama pada anak yang besar
C. Klasifikasi Diare
Klasifikasi berdasarkan gejala
• Diare ringan: kehilangan sedikit faces tiap hari, tidak ada tanda penyakit lain
• Diare sedang : kehilangan banyak cairan, peningkatan suhu, muntah, rewel, iritable, tidak ada tanda dehidrasi
• Diare berat : pengeluaran faces banyak, tampak tanda dehidrasi, lemah , iritable, lethargi
D. Gejala
Cengeng, gelisah, suhu tubuh meningkat, napsu makan berkurang/ tidak ada, warna tinja berubah mjd hijau karena tercampur empedu, anus dan daerahnya lecet,dehidrasi, BB berkurang, turgor kulit berkurang, mata dan ubun-ubun besar menjadi cekung, selaput lendir bibir dan mulut tampak kering
E. Pencegahan
1. mengguanakan air yang higienis untuk keperluan sehari-hari
2. waspada terhadap makanan yang akan di berikan
3. minum air dan makanan yang di masak
4. mencuci tangan dan kuku sebelu memberikan makanan
5. menjaga kebersihan badan
6. buang air besar di tempatnya
F. Pembuatan LGG
• 1 sendok makan gula
• 1 pucuk sdt garam
• air matang hangat 200cc
• diaduk kemudian di minumkan setiap kali anak BAB
• membuat oralit juga sama penyediaannya